The Dog Who Dared to Dream – Hwang Sun-mi - [LUMINTU REVIEW]

  


“Hidup memang menyimpan banyak kejutan kadang yang menyenangkan dan gak menyenangkan, walau banyak ga menyenangkannya dan terpaksa mengikuti realita yang jauh dari harap jadi ya mau gimana lagi?” kataku usai melahap buku ini.

Novel yang menceritakan tentang kisah Bulu Panjang, anjing dari ras sapsali yang menjadi tokoh utama dalam novel kali ini. Bersama dengan majikannya, Tuan Pita Suara. Dibantu dengan tokoh Si Kucing Tua yang nyebelin tipikal tetangga yang suka gosip tapi ternyata gak buruk-buruk juga sih, juga ada Si Kakak Ipar, sang ayam yang punya karakter pengen menang sendiri, cukup egois dan gila hormat, wkwkwk. Si Bulu Panjang ini punya harapan agar bisa hidup dengan damai di tengah kehangatan keluarga seperti kebanyakan manusia. Namun tetap saja realita datang dengan membawa kejutan-kejutannya.

Aku mulai dari ketika Ibu Kuning, sang induk anjing melahirkan beberapa anak anjing, salah satunya adalah Bulu Panjang. Bulu Panjang meruapakan anjing yang berbeda dengan lainnya karena memiliki bulu yang panjang hitam dan legam yang sering kali dikucilkan atau dikesampingkan oleh anjing-anjing lainnya.

Kemudian seiring berjalannya waktu, Bulu Panjang mulai menerima kenyataan akan kehidupan yang pahit. Dimulai dari kematian saudaranya, Si Hitam dilanjutkan dengan penculikan serta kepergian ibu dan saudara-saudaranya dan beberapa kenyataan-kenyataan yang membuat seorang pembaca sepertiku hingga mengeluarkan komentar “assuuu, urip koyok ngene banget”

Waktu kian beranjak hingga akhirnya Bulu Panjang melahirkan anak yang tidak lama kemudian berpisah dengan anak-anaknya karena Pak Pita Suara terpaksa menjual anak anjing demi menyambung hidup dan si Gori yang mati. Dan sebuah klimaks dibagian ending yang … bisa kalian baca sendiri saja, karena aku gak mau spoiler.

Buat kalian yang suka sama novel dan fabel sederhana, novel ini kayaknya harus jadi santapan wajib sih. Silakan mulai membaca dan dihajar oleh realita, xixixix.

 

Judul: The Dog Who Dared to Dream

Penulis: Hwang Sun-mi

Penerbit: Baca, 2020

Kategori: Novel Terjemahan

ISBN: 9786026486479

Bahasa: Indonesia 

Dimensi: 13 x 20,5 cm

Tebal: 258 hlm

 

Kamu bisa mendapatkan buku ini di lumintubook, informasi dan pemesanan bisa melalui whatsapp, DM Instagram dan via shopee. Terimakasih.


Instagram: Instagram.com/lumintubook/

Shopee: Shopee.co.id/achmadsyamsul_/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dolanan tradisional yang terlupakan

Castle in the Sky (1986) [sebuah review]

MIMPI PETANI DI NEGERI AGRARIS