Ulasan Buku Peradilan Sesat, Membongkar Kesesatan Hukum di Indonesia - E. A. Pamungkas [LUMINTU REVIEW]

Buku ini aku dapetin dari meminjam teman seperdiskusianku dari jurusan hukum saat itu. Aku interest banget ketika lihat sampulnya, dan memang buku ini sudah aku baca sudah lama dan sudah aku kembalikan ke temanku. Jadi dalam ulasan kali ini aku hanya mengingat garis besar yang saat itu aku rasakan saja. Dari awal aku sudah mengira bahwa bukunya memang berisi mengenai bagaimana kondisi peradilan saat ini, terutama untuk kasus-kasus besar seperti Munir, Marsinah dan kasus Udin, wartawan yang diduga meninggal karena dibunuh setelah menulis berita dan kasus Sengkon dan Karta dan masih banyak kasus-kasus lain yang hingga saat ini beberapa kasus belum terselesaikan. Aku kemudian berpikir bahwa aku meyakini masih banyak peradilan sesat yang tidak dijelaskan dalam buku ini, ini hanya sebagian kecil kasus yang muncul ke permukaan saja. Terkadang ketika membaca aku merasakan kegeraman atas ketidakadilan dalam hukum. Aku ingin melakukan sesuatu tapi sadar bahwa aku hanya rakyat biasa saja, dan mungkin aku hanya bisa melakukan penegakan keadilan dan hukum dari dalam diriku sendiri. Namun setelah membaca buku ini, aku sangat sangat berharap bahwa peradilan dan penegakan hukum semakin lebih sehat terutama menyangkut soal keadilan, walaupun aku tidak tahu kapan hal tersebut akan terjadi.

Aku berpendapat bahwa didalam buku ini tiap-tiap kasus dijabarkan dan diceritakan dengan runtut dan ringan dibaca oleh siapapun. Bahkan ada beberapa bagian yang menurutku sangat tegas dan bisa dikatakan sangat berani dalam menungkapkan bagaimana kinerja penegakan hukum di Indonesia. Kemudian terlintas di pikiranku mengenai bagaimana kabar penulis setelah selesai menulis buku ini, serius. Aku bahkan ingin sekali memiliki buku tersebut dan wajib menjadi koleksi di rak bukuku, namun itu tetap buku milik temanku sehingga harus aku kembalikan, hehehe. Aku ucapkan terimakasih kepada penulis, E. A. Pamunkas dan teman seperdiskusianku yang sudah memberikan buku yang sangat bagus ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dolanan tradisional yang terlupakan

Castle in the Sky (1986) [sebuah review]

MIMPI PETANI DI NEGERI AGRARIS